Pekan Kreasi Seni Santri Asrama A

Peserta Lomba Nasyid Pekan Kreasi Santri (Foto:Muslim)

Ngalah.Net - Sebanyak 100 santri yang berdomisili di Asrama A mengikuti kompetisi “Pekan Kreasi Seni Santri” yang diselegarakan Biro Pendidikan dan Jam’iyah Asrama A pada tanggal 03 dan 04 Nopember 2016.

Seratus peserta tersebut merupakan komulasi dari 5 komplek, dimana dalam 1 komplek terdiri dari 3 kamar yang harus mendelegasikan anggotanya mengikuti lima perlombaan yakni Qiroat, Pidato, Baca Kitab, Al-Banjari dan Nasyid.

“1 komplek harus mengikuti kelima lomba tersebut yaitu satu Qiroat, Pidato, Baca Kitab, Al Banjari dan terakhir lomba Nasyid”, tutur Abidul Masykur selaku Panitia Penyelengara.

Dalam kegiatan yang dikemas dengan mengakat tema “Melestarikan Budaya Pesantren”  tersebut juga mempunyai tujuan untuk mempersiapkan dan memilih delegasi Asrama A dalam perlombaan lintas asrama Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H mendatang.

Akan tetapi saat ditemui Khisbul Maulana selaku pengurus harian, menyampaikan bahwa meskipun juara satu tidak serta merta diikutkan dalam ajang maulid mendatang, tim juri dan tim pemenangan lomba asrama tetap mempertimbangkan dan menyeleksi ulang para juara.

“Meskipun juara satu mereka belum tentu nanti menjadi delegasi Asrama”, ungkap Sekretaris asrama A itu.  

Sebagaimana keputusan dewan juri bahwa pemenang lomba baca kitab adalah saudara Hadik perwakilan komplek 2, saudara Yuski menjuarai Lomba Pidato, sedangkan M. Ainur Rofiq terpilih sebagai Qori' terbaik Asrama A. Sedangkan untuk ajang Al-Banjari dan Nasyid kebetulan diraih oleh Komplek 4 yang terdiri dari kamar A12, A13, dan A14. (muslim)

Profil Asrama A

Pada tahun 1985 awal proses berdirinya asrama A, ketika itu setelah pembangunan Masjid dan tempat tinggal Kyai Sholeh yang terbuat dari bahan sederhana yang terbuat dari anyaman bambu (gedek)  yang dirampungkan dalam waktu  15 hari, ada salah seorang warga kembang kuning yang benama Bapak Nur Salim datang dengan senang hati memberikan mushollah pribadinya yang berupa gubuk terbuat dari anyaman bambu berukuran 4 m2, untuk dijadikan pondok angkring yang kemudian diberi nama Pondok Pesanren Darut Taqwa yang merupakan cikal bakal dari asrama A, yang dihuni santri yang sejak awal membantu Kyai Sholeh yang berjumlah enam orang yaitu Asy’ari, M. Thohari, Imam Syafi’i, Maghfur, dan M. Sholeh. Setahun kemudian teman-teman yang lain ikut serta membantunya.

Pada tahun 1986 dengan gotong royong masyarakat sekitar Kyai berhasil merehab Masjid yang semi permanen dengan menggunakan batu bata dalam waktu yang cukup singkat dan membangun Pondok bertingkat yang berjumlah empat kamar yang menjadi asrama A yaitu A1, A2,. A3, A4 yang sekarang menjadi kamar A1, A2, A8, dan A9.

Sebuah pengembangan Pondok Pesantren Darut Taqwa yang kala itu santri terus bardatangan dari berbagai daerah dari tahun ke tahun seiring itu pula santri yang bermukim bertambah dan terus bertambah sehingga tuntutan untuk menambah tempat mukim harus segera disediakan oleh Pondok Pesantren sehingga dibangunlah asrama baru.

Tidak hanya itu, karena termasuk asrama tertua di Pondok Ngalah, bangnunannya banyak yang rapuh dan akhirnya pada tahun 2008 asrama A diperbaiki. Dan sampai sekarang asrama A memiliki 18 ruang kamar, 1 ruang kantor dan 1 ruang tamu.

Dalam hal kepengurusan khususnya Kepala Asrama, Asrama A telah mengalami pergantian periodesasi Kepala Asrama. Adapun nama-nama yang pernah menjadi Kepala Asrama A adalah Yassir Arafat, Abdurrahman, Moh. Hasyim, dan sekarang Kepala Asrama A dijabat oleh Abd. Ghofar, M.PdI.

Keterangan Tentang Asrama A

Nama Asrama  :  Asrama A
Pembina Asrama : Agus H. Ahmad Fadlan & Ning Siti Muthoharoh
Alamat : Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan 67162
Nomor Telepon : (0343) 61786
Berdiri : Agustus 1985
Kepala Asrama : Abd. Ghofar, M.PdI

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us