Duta Kanker Sosialisasikan Bahaya Kanker Serviks  di Asrama I

Ngalah.net- Asrama i yang mayoritas didomisili mahasiswi Universitas Yudharta kedatangan duta kanker dan konsultan kesehatan dari yayasan peduli kanker serviks indonesia. Ahad 1/1/2017.

Kedatangan Oczin Ernawati.Amd,. Keb. Keb, tersebut, dimaksudkan untuk melakukan sosialisasi akan Bahaya Kanker Serviks Dan Solusi Pencegahannya.

Dihadapan ratusan santriwati dan pengurus Asrama I, Oczin yang berprofesi Bidan tersebut, tak bosan-bosan mengingatkan para santri agar tidak meremekan bahaya kanker, karena sudah banyak nyawa melayang karena penyakit tersebut.

 “Jangan pernah sepelehkan!! ”. Ujar Oczin berkali-kali, karena 80% wanita sudah berada di stadium lanjut ketika mereka menyadari terdapat penyakit didalam serviks mereka.

Duta Kanker tersebut juga menyampaikan bahwa tiap tahunnya, presentasi penyakit serviks semakin meningkat, seperti halnya di indonsia yang setiap 1 jam ada wanita meninggal karena terkena kanker tanpa mengetahui gejala awal.

Saat ditemui portal arjuna Ia menuturkan kalau tujuan diadakan sosialisasi kanker serviks tersebut, untuk mengingatkan para wanita agar selalu menjaga kebersihan, terutama diorgan-organ penting. Karena kanker ini tidak memandang usia, perekonomian, ataupun fisik.    

Profil Asrama I

Sabtu, 18 Juni 2010 menjadi hari yang sangat bersejarah bagi perjalanan Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung. Di hari yang penuh kebahagiaan itu dilangsungkan acara Peresmian sekaligus Tasyakuran Asrama I, sebuah Asrama baru yang diperuntukkan khusus bagi Mahasiswi yang kuliah di Universitas Yudharta Pasuruan (UYP).

Peresmian dilaksanakan di musholah Asrama I ba’da maghrib dengan dihadiri oleh Romo Kyai H. Sholeh Bahruddin dan Ibu Nyai Hj. Siti Sa’adah, sekaligus gawagis dan nawaning. Selain itu dihadiri pula oleh semua pengurus Pondok Pesantren Ngalah dan semua santri Asrama I tentunya.

Asrama yang diasuh oleh Agus H. Muhammada M.PdI & Ning Siti Khurrotin S.PdI yang baru saja dikaruniai seorang putra ini dulunya adalah lokasi Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa (MIDATA) yang disulap menjadi asrama santri yang cukup megah lengkap dengan fasilitas dunia akhirat (kamar & mushola). Selain itu Asrama I juga mempunyai tujuh kamar untuk santri, satu kamar pengurus, satu kantor, satu kantin dan satu kamar untuk warnet Santri.

Santri awal yang ada di Asrama baru ini berjumlah kurang lebih delapan puluh santri, yang sebagian adalah santri pindahan dari asrama B, yang dulunya dihuni santri yang berstatus mahasiswa, pelajar SMK, dan santri yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Ada juga yang pindahan dari Asrama C, D, H yang berstatus mahasiswa.

Walau terbilang asrama yang baru, namun semangat belajar dan misi asrama ini sangatlah bagus, tercermin dari motto yang ada, yaitu “Mencetak Generasi Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Alloh Yang Maha Esa Dan Berakhlakul Karimah”. Motto yang berbobot untuk diwujudkan. “Namun semua itu mudah, jika dilaksanakan bersama-sama, toh kami semua kan mahasiswa, kami yakin kami dan kawan-kawan Asrama I bisa mewujudkan motto itu”, tutur mbak Bunga Muslicha, S.Sos selaku kepala asrama perdana Asrama I.

Dalam perkembangannya, karena jumlah santri Pondok Pesantren Ngalah terus meningkat, asrama I yang awalnya adalah dikhususkan bagi santri yang berstatus Mahasiswa saja, berubah menjadi asrama yang dihuni oleh Mahasiswa dan santri yang sekolah formalnya kelas 3 tingkat SLTA yang note benenya akan menjadi Mahasiswa.

Dalam hal kepengurusan, asrama I telah mengalami beberapa pergantian Kepala Asrama. Untuk Kepala Asrama pertama dijabat oleh Ustadzah Bunga Muslikha, S.Sos., Siti Rofiqoh, S.Sos, kemudian dilanjutkan oleh Rizqi Qurrota A'yun sampai sekarang.

Semoga dengan adanya asrama baru khusus mahasiswa ini bisa melahirkan pemikir-pemikir baru yang bisa membawa perubahan yang berarti bagi pesantren, yayasan, nusa dan bangsa. Sesuai dengan slogan sekaligus tugas mahasiswa yaitu “mahasiswa adalah pembawa perubahan” atau bahasa kerennya “agen of change”.

Keterangan Tentang Asrama I

Nama Asrama  :  Asrama I
Pembina Asrama : Agus H. Muhammada, M.PdI & Ning SitiKhurrotin, S.PdI
Alamat : Jl. Universitas Yudharta Sengonagung Purwosari Pasuruan 67162
Nomor Telepon : (0343) 614214
Berdiri : 18 Juni 2010
Motto : Mencetak Generasi Yang Beriman Dan Bertaqwa Kepada Alloh Yang Maha Esa Dan Berakhlakul Karimah
Kepala Asrama : Rizqi Qurrota A'yun

 

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us