Profil Al-Banjari Darut Taqwa

Grup sholawat al-banjari Darut Taqwa merupakan grup musik sholawat tertua di Pondok Pesantren Ngalah. Artinya, grup sholawat ini adalah grup sholawat yang pertama kalinya muncul sebagai kegiatan ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Ngalah.

Dibentuk pada sekitar tahun 1990-an, selain untuk mengembangkan bakat dan minat santri, grup al-banjari Darut Taqwa juga diadakan untuk menghidupkan seni islami khas pesantren. Alat musik yang digunakan di grup sholawat ini tidak jauh beda dengan grup sholawat al-banjari lainnya. Namun, sejak berdiri, grup sholawat Darut Taqwa sepakat untuk menggunakan alat al-Banjari klasik yang berarti penggunaan alat musik pukul rebana yang tidak dicampur dengan alat musik elektrik.

Sebagai grup musik sholawat yang pertama muncul, organisasi ekstra ini merupakan organisasi embrio yang melahirkan beberapa grup sholawat di Pondok Pesantren Ngalah, seperti grup sholawat al-Mustafidah, grup Sholawat Gawat Darurat dan sebagainya.

Dari segi prestasi, grup sholawat al-banjari Darut Taqwa sudah pernah mengikuti beberapa lomba maupun festival baik dalam skala kabupaten Pasuruan sendiri maupun propinsi Jawa Timur. Al-Banjari Darut Taqwa pernah menyabet juara ………

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us