Profil Drum Band RESPODA

Drum Band “RESPODA” merupakan salah satu organisasi ekstrakurikuler Pondok Pesantren Ngalah yang lahir setelah grup musik sholawat al-Banjari Darut Taqwa. Seperti halnya organisasi ekstra lainnya, Respoda lahir sebagai media pengembangan bakat dan minat santri Pondok Pesantren Ngalah.

RESPODA lahir sekitar tahun awal tahun 1992, yang berawal dari keinginan beberapa santri yang ingin mendirikan grup musik yang tidak sama dengan organisasi lainnya, yaitu al-banjari. Keinginan ini semakin terbuka, ketika ada salah satu santri yang sebelum mondok, dia-nya merupakan salah satu anggota drum band yang pernah menjuarai tingkat Propinsi. Akhirnya Terbentuklah organisasi Drum Band RESPODA.

Penggunaan “RESPODA” dan bisanya disingkat lagi dengan “RPD” sebagai nama organisasi berawal dari keinginan salah satu anggota yang ingin nama Drum Band diberi nama singkatan yang didalamnya ada nama Darut Taqwa, akhirnya terciptalah nama RESPODA. RESPODA sendiri mempunya kepanjangan Remaja Santri Pondok Darut Taqwa.

Dalam hal prestasi, REPODA pernah menyabet juara 1 pada lomba yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Pemudi Nahdlotul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pasuruan, selain itu RESPODA juga pernah menyabet juara 1 lomba dalam rangka hari jadi Kabupaten Pasuruan dan RESPODA juga pernah menjadi juara 2 dalam lomba parade Drum Band yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Dari beberapa prestasi yang pernah ditorehkan oleh RESPODA, semuanya menganggap hal tersebut merupakan prestasi yang luar biasa. Hal ini dikarenakan Drum Band Respoda sendiri tidak memiliki pelatih khusus, artinya dalam hal kepelatihannya RESPODA mengandalkan pengalaman dari anggota yang sudah memahami seluk beluk musik Drum Band, baik itu dalam hal harmonisasi musik, penggunaan alat, koreografi display dan lain sebagainya.

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us