KH. Ma'ruf Amin 'Ditetapkan' Menjadi Rais Am NU 2015-2020

 

Foto KH. Ma'ruf Amin (diambil dari laman resmi NU)

Mustofa Bisri memang dipilih untuk menjadi Rais Am Nahdlatul Ulama oleh sembilan kiai sepuh dalam Muktamar ke-33 di Jombang. Jawa Timur tadi malam. Namun ia menolak kembali memegang tampuk pimpinan tertinggi NU itu. Jabatan tersebut akhirnya diemban oleh Ma'ruf Amin, salah seorang ulama senior NU.

Sekretaris Panitia Muktamar Syahrizal Syarif mengatakan, sidang pleno tadi malam yang dipimpin oleh Ahmad Muzaki telah mengesahkan Ma'ruf Amin sebagai Rais Am dan Said Aqil Siroj sebagai Ketua Tanfidziyah atau Ketua Umum Pengurus Besar NU.

"Rais AM NU sekarang Ma'ruf Amin sesuai dengan pemilihan AHWA," kata Syahrizal kepada CNN Indonesia, Kamis (6/8).

Musyawarah sembilan kiai sepuh NU tadi malam meminta Gus Mus, sapaan Mustofa untuk menjadi Rais Am. Namun melalui surat yang dibacakan pimpinan sidang pleno, Gus Mus menyatakan tak lagi mau menjabat Rais Am.

Karena penolakan ini, maka berdasarkan hasil musyawarah kiai sepuh yang tergabung dalam ahlul halli wal aqdi (AHWA), Ma'ruf Amin selanjutnya dipercaya untuk menjadi Rais Am NU.

Setelah Rais Am terpilih, sidang pleno menurut Syahrizal selanjutnya diteruskan dengan agenda pemilihan Ketua Umum NU. Salah seorang calon As'ad Ali kemudian mundur dari pencalonan sehingga pemilihan berlangsung satu putaran. Petahana Said Aqil Siroj kemudian dinyatakan sebagai Ketua Umum PBNU periode 2015-2020.

Untuk selanjutnya, kepengurusan lain PBNU menurut Syahrizal akan disusun setelah Muktamar selesai.

Ma'ruf Amin saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia. Pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ma'ruf dipercaya menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang hubungan antaragama.

Jabatan Rais Am sebelumnya dipegang oleh Mustofa Bisri. Gus Mus, panggilang Mustofa menjadi Pejabat Rais Am setelah sebelumnya ia adalah Wakil Rais Am.

Ia mengisi jabatan Rais Am yang kosong setelah Rais Am sebelumnya Sahal Mafudh wafat pada Januari 2014.

Ket.: berita di atas diambil dari laman CNN Indonesia dengan tautan asli: (http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150806081226-20-70366/gus-mus-tolak-jabatan-maruf-amin-ditetapkan-jadi-rais-am-nu/)

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us