Latih Santri Berkarya, NEE Adakan Ngaji Multimedia

Ngalah.net-Latih santri berkarya dalam bidang multimedia Ngalah Event Equipment NEE adakan ngaji multimedia bagi santri Pondok Pesantren Ngalah, di Aula MA Darut Taqwa Purwosari.  Ahad 25/12/2016.

Dalam kegiatan yang diikuti 70 santri putra-putri tersebut panitia menghadirkan Pimred Nurul Hayat Chanel Imam Erianto Surabaya dan Zaenal.S.Ikom Fotografer dan Penyiar Radio sebagai pembicara serta menyuguhkan live music Pith and Friend’s.

Luqman Zainal Abidin selaku ketua pantia menuturkan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melatih, meningkatkan kompetisi santri pondok pesantren ngalah agar sadar multimedia, giat berkarya dalam bidang multimedia,sehingga santri tidak sekedar jadi penonton dan kagum dengan karya-karya orang lain, melainkan lebih bangga dengan karya pribadi

“Tujuan diadakan ngaji multimedia ini yakni melatih santri agar bisa berkarya dalam bidang multimedia, karena saat ini santri bukan saatnya hanya bisa melihat, dan kagum dengan karya-karya orang lain, tapi harus berkarya sendiri” Ujar Luqman

Lukman menambahkan bahwa Ngaji multimedia saat ini, merupakan langka awal dalam mengenalkan Multimedia secara umum dikalangan santri Ngalah, Ia menegaskan bahwa masih akan ada follow-up dikemudian hari,  dengan pembelajaran 2 bidang multimedia yang lebih spesifik yakni Videografi dan Audio mixi.

Menurtnya dengan adanya fokus peembelajaran tersebut diharapkan peserta dapat menguasai dan kompeten dengan bidang yang telah dipilih terlebih mampu mengaplikasikan dalam kegiatan real pesantren seperti Haflah dan kegiatan pesantren lainnya. Pungkasnya (Muslim)

Nostalgia Santriwati Ngalah Peraih Medali POSPENAS Banten 2016

Senyum kebahagian Ima dan perunggu dilehernya

Ngalah.net - Sebuah kebahagiaan tersendiri bagi Nur Rochmatus Sa’diyah Masulin atau yang akrab di sapa Ima, salah seorang santri Pondok Pesantren Ngalah yang meraih medali perunggu dalam kompetisi POSPENAS (Pekan Olah Raga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional) ke VII yang berlangsung di Banten tahun 2016.

Tak mudah memang menjadi juara di laga apalagi tingkat nasional, hal ini tak lepas dari semangat tim dan usaha Ima, santriwati yang kini masih duduk di bangku kelas XI SMA Darut Taqwa ini. Berawal dari kecintaannya terhadap dunia olah raga, Ima di lirik Waka. Kesiswaan SMA Darut Taqwa yang bukan lain merupakan Kepala Pondok Pesantren Ngalah, untuk ikut serta kompetisi POSPEDA tingkat Kabupaten. Walhasil Ima beserta tim Cabor (Cabang Olah Raga) Hadang Pondok Pesantren Ngalah lolos seleksi dan siap tanding di tingkat Provinsi.

Saat ditemui, gadis usia 16 tahun yang bermukim di Asrama H ini tak lupa bernostalgia, betapa banyak keringat yang menetes saat berusaha menyisikan peserta dari daerah lainnya ketika seleksi provinsi di Surabaya. Namun hal itu terbalas setelah diumumkan bahwa dirinya bersama rekan-rekannya Lela, Risma, Fida, Nuril dan Reza Tim Hadang Pondok Pesantren Ngalah dan Ravika Duri dari Kabupaten Probolinggo terpilih sebagai Duta Jawa Timur di ajang POSPENAS 2016.

"setelah kami terpilih, lalu kami dikarantina selama 2 hari untuk pemantapan strategi dan pelatihan intens, di hotel Utami Juanda Surabaya, dan tepatnya pada 20 Oktober kami berangkat ke Banten siap tempur dan bertemu Pak Jokowi", ujar Ima.

POSPENAS VII BANTEN 2016 memang dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir.Djoko Widodo yang didampingi oleh Gubernur Provinsi Banten, Rano Karno dan bertempat di stadion Maulana Yusuf.

Dan yang tak kalah seru, cerita Ima pada tanggal 22 Oktober 2016, bahwa Ia beserta tim Hadangnya berkesempatan tanding melawan kontingen Provinsi Bangka Belitung. Sebagaimana semangat resolusi jihad yang kini diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Tim Hadang Jawa Timur lolos ke tahap Final. Dalam babak Final (23/10/2016), mereka terkuras tenaga hingga hanya berhasil menduduki posisi ke-3 dan memperoleh medali Perunggu.

Peringati Sumpah Pemuda, Santri Ngalah Adakan Seminar Anti Narkoba

Perwakilan Pesantren, Yayasan dan Kepolisian (Foto: Muslim)

Ngalah.Net - Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2016, Pengurus Keamanan dan Ketertiban Pondok Pesantren Ngalah adakan Seminar Anti Narkoba, di Aula Pancasila Universitas Yudharta Ahad, 30/10/2016.

Sebagai Pembicara, hadir Polisi Wanita Tahiyyatul Azizah dari Polres Pasuruan didampingi Agus Purnomo SH Satreskrim Narkotika dan Purwo Laksono dari jajaran Polsek Purwosari. Disamping itu turut berpartirsipasi H. Agus Ach. Syaikhu Majelis Pembina Pengurus Pesantren Ngalah, H. Agus Yaqutun Nafis selaku Pengurus Yayasan Darut Taqwa, Dr. H. Saifulah, MHI Selaku Rektor Universitas Yudharta Pasuruan, segenap tamu undangan, Pengurus Pondok Pesantren Ngalah dan perwakilan Masing-masing lembaga yang berada di naungan Yayasan Darut Taqwa Sengonagung

Dalam Kegiatan yang dikemas dalam tema "Mewujudkan Generasi Muda Bebas Narkoba Untuk Menggapai Masa Depan Bangsa" ini, Agus H. Ach. Syaikhu dalam sambutannya menuturkan bahwa sebagai seorang santri atau pelajar jangan sampai membudayakan pola hidup tidak sehat terutama dengan menghindari betul yang namanya narkoba.“Orang mencari ilmu harus sehat tidak boleh terkena penyakit apapun lebih-lebih Narkoba” , tutur Ketua I dan Pengasuh Asrama J&K Pesantren Ngalah tersebut.

Agus Purnomo selaku nara sumber juga menuturkan akan bahaya narkoba, dan menyampaikan karakteristik pemakai obat terlarang tersebut.“Jadi cara kita mengidentifikasi pemakai biasanya matanya sayup, over gerak tubuh yang tidak dikontrol otak, sulit nyambung diajak berkomunikasi dsb” ungkap Polisi Narkotika asal Kendal ini saat ditanya peserta. (muslim)

Pemilihan Ketua FKU Madin Darut Taqwa 1437-1438 H

(Foto: Afif)

Ngalah.Net - Tongkat estafet kepemimpinan FKU (Forum Komunikasi Ulya) Madrasah Diniyah Darut Taqwa masa khidmat 1437-1438 H dipegang oleh saudara Misbahul setelah unggul dalam penghitungan suara Pemilihan Umum Ketua FKU pada hari Jum’at, 28/10/2016.

Dalam pemilihan umum tersebut diikuti perwakilan dari masing-masing kelas dari berbagai jenjang di Madrasah Diniyah Darut Taqwa yang secara keseluruhan memiliki 470 suara. Akhirnya, setelah proses pemilihan dan perhitungan suara dilakukan, Misbahul sebagai kandidat nomor urut 2 meraih 202 suara, selisih sedikit 18 suara dibanding kandidat nomor 1, Rishomar Litaisyiril Arzaq yang memperoleh 184 suara. Kandidat nomor urut 1 tersebut kemudian ditetapkan sebagai Wakil Ketua oleh Tim Formatur FKU. Sedangkan 84 suara sisanya dinyatakan tidak sah karena tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Afifidun selaku Ketua FKU periode sebelumnya menuturkan bahwa suara-suara ini terkumpul dari perwakilan santri/siswa yang masing-masing kelas mendelegasikan 5 orang.

Sebelum proses penghitungan dimulai, Ustadz Fauzi selaku perwakilan dari pihak Madin berharap penuh FKU Masa Khidmat 1437-1438 H. ini dapat berjalan maksimal, terlebih pihaknya telah mengangkat Ustadz Agung Diantoro,SP sebagai Pembina baru organisasi intra di Madrasah Diniyah Darut Taqwa ini.

“Mungkin semua belum tahu ya siapa Pembina FKU, untuk saat ini pembinanya Ustadz Agung Diantoro, kebetulan Beliau masih single belum punya pasangan”, ujar Koordinator Kesiswaan dengan nada humornya yang spontan disambut gelak tawa tamu undangan.

Dalam kesempatan itu, juga disampaikan bahwa pada periode selanjutnya akan diadakan pemilihan yang melibatkan santriwati sebagai kandidatnya. Hal ini juga dipertegas kembali oleh M. Sofyan selaku Sekretaris FKU bahwa di tahun depan selain ada kandidat perempuan juga akan diagendakan kampanye pemilu oleh masing-masing kandidat.

Untuk periode kedepan akan ada kampanye pemilu dan tentu hal ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat teman-teman santri berpartisipasi dalam kegiatan FKU”, pungkas Bendahara Asrama A tersebut. (Muslim)

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us