Temu Alumni Perdana Pondok Pesantren Ngalah

Ngalah - Pertemuan alumni disebuah pondok pesantren, merupakan hal yang wajar, demikian juga yang terjadi di Pondok Ngalah yang sudah berusia seperempat abad an alumninya sudah menyebar diberbagai daerah di Nusantara ini.

Temu alumni santri Ngalah berawal dari kerinduan mayoritas alumni yang ingin melihat lebih dekat perkembanggan pondok pesantren Ngalah yang mengalami lompatan perkembangan yang luar biasa cepatnya, dan juga kerinduan alumni terhadap tausiyah, mutiara nasehat, dari romo Kiyai Sholeh Bahruddin pengasuh Pesantern Ngalah.

Bertolak dari hal tersebut muncul sebuah gagasan dari beberapa teman alumni seperti sahabat Yaqutun Nafis, Salamin, Abd. Salam, Mardiono, Khoirul Anwar, Syamsul Ma’arif. M. Dayat, dan beberapa teman Alumni yang lain., yang  kemudian mengadakan pertemuan dengan mendatangkan temen-teman perwakilan dari daerah-daerah yang memungkinkan untuk diajak bermusawrah yang kemudian menghasilkan terbentuknya wadah organisasi Alumni santri Pesantren Ngalah “ IKSAN NGALAH “ Yang diketuai oleh sahabat Yakutun Nafis, S.PdI.

Sebagian Alumni Yang Hadir

Proses ini terus berkelanjutan dengan waktu yang tidak terlalu lama, terjadi kesepakatan dan kebulatan tekad diantara para pengurus IKSAN NGALAH  bahwa dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan alumni yang diikuti oleh seluruh teman yang pernah nyantri di pondok Ngalah, maka terbentuklah panitia pelaksana yang di-ketuai oleh sahabat Salamin, M.PdI. dam Alhamdulillah atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak baik, dari panitia, Romo Kiyai Sholeh, Ibu Nyai Sholeh, dan keluarga Dalem yang lain acara temu alumni Santri Pondok pesantren Ngalah dapat terlaksana dengan lancar dan sukses pada hari selasa yang bertepatan dengan 1 Muharam 1432 H. / 7 Januari 2010 M.

 

Hari Selasa kemarin yang bertepatan dengan tahun baru Islam 1432 Hijriyah bisa dikatakan hari yang bersejarah bagi Pondok Pesantren Ngalah yang terletak di jalan Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan Jawa Timur. Karena, pada hari itu Pondok Pesantren Ngalah yang lebih familiar disebut Pondok Ngalah pertama kalinya sejak berdiri tahun 1985 oleh KH Moh. Sholeh Bahruddin ini mengadakan pertemuan alumni dari berbagai angkatan.

Acara yang dibuka dengan penampilan grup sholawat al-Banjari Putri “el-Wardah” dan Drum Band “Respoda” ini dimulai pukul 07.30 WIB berjalan dengan sukses. Awalnya, panitia sempat pesimis, karena pada sekitaran pukul 07.00 WIB undangan masih sedikit yang hadir. Namun, pada waktu acara seremonial hendak dimulai tamu undangan sudah hampir memenuhi tempat duduk yang telah disediakan. Panitia yang terdiri dari pengurus alumni dan santri Pondok Ngalah sempat kewalahan menghadapi tamu undangan alumni yang hadir. Dimana tidak, panitia sebenarnya hanya menyebarkan 2.000 undangan, namun pada hari H ternyata yang hadir lebih dari 3.000. Meski panitia kesulitan untuk menyediakan tempat duduk, panitia merasa gembira akan hal itu. Ini dibuktikan dengan apa yang disampaikan oleh Salamin, M. Pd. yang merupakan Ketua Panitia, “meski kita sangat dibikin repot oleh undangan yang hadir, namun kita harus bersyukur. Karena, sebagai panitia inilah yang kita inginkan”. Ucapan tersebut diamini oleh Ketua IKSAN NGALAH (Ikatan Santri Alumni Pondok Ngalah) saya tidak menyangka kalau alumni yang hadir lebih dari yang kita perkirakan. Ini tandanya ikatan emosional mereka masih melekat dengan pondok kita tercinta, dan ini adalah awal yang bagus bagi perjalanan pondok Ngalah dan khususnya bagi organisasi IKSAN ke depan lebih baik”.

Meskipun suasana sangat terik dan berformat seremonial, para alumni tetap antusias. Terlebih lagi ketika acara berbagi pengalaman tiba. Perwakilan alumni yang diwakili dari pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan dan TNI/POLRI membikin hadirin bernostalgia dan mengenang masa-masa waktu mereka mondok.

Suksesnya acara tersebut dapat dilihat dari animo undangan yang hadir sangat banyak yaitu sekitar 3000 alumni dan bahkan sempat membuat panitia kerepotan karena yang hadir diluar perkiraan panitia. Antuias kehadiran yang tinggai ini dapat dimaklumi, karena pertemuan semacam ini lama dirindukan oleh sahabat-sahabat alumni. Benar juga apa yang dikatakan oleh H. Agus Yusuf Wijaya, LC, MM (menantu Romo Yai Sholeh ), bahwa temu alumni tidak hanya sekedar bertemu dan melapas kangen antar sesama alumni, namun memiliki tujuan dan manfaat yang lebih besar yakni untuk membangun peningkatan kualitas masing-masing profesi alumni baik dalam bidang pendidikan, dakwa, kemasyarakatan, maupun perekonomian.atau bahkan dengan bertemu banyak teman bisa juga dijadikan upaya-upaya solutif dalam menghadapi problematika hidup dimasyarakat, demikian yang dikatan Gus Yus sapaan akarab H. Agus Yusuf  Wijaya.

Statemennya Gus Yus bukan tidak mendasar, karena ternyata setelah acara temu alumni dan kumpul semua alumni itu terlihat potensi yang luar biasa, dimana alumni santri pondok Ngalah  dapat diterima oleh masyarakat, ini terbukti banyak alumni yang jadi TNI, POLRI, PNS, KYAI, USTADZ, PENGUSAHA, PIMPINAN ORMAS, dan ORSOSPOL. Hal ini membuktikan bahwa metode pendidikan yang diterapkan oleh Romo Kyai Sholeh Bahruddin sangat berhasil. Salah satu contoh yang sering disampaikan oleh Romo Kyai adalah “Dadi santri ojok pisan-pisan rebutan pengimaman  sebab pengimaman iku ciut“ dawuh romo kiyai ini ingin menegaskan bahwa keberhasilan seorang santri atau alumni pesantren tidak harus menjadi kyai atau ustadz, tetapi harus mampu berperan diberbagai profesi yang ada. Dengan diterimanya alumni diberbagai profesi tersebut sekali lagi membuktikan bahwa prodak yang dihasilakan oleh Pesantren Ngalah laris manis di pasaran. Hal ini salah satunya yang menbuat Roma Kyai itu bangga dengan santrinya.

Salah satu rangkian acara dalam temu alumni adalah ikrar alumni yang dipimpin oleh sahabat Abd. Salam yang isinya adalah sebagaimana berikut:

  1. Kami Alumni Pondok Pesantren Ngalah, akan selalu bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Kami Alumni Pondok Pesantren Ngalah, akan berpegang teguh pada Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  3. Kami Alumni Pondok Pesantren Ngalah, akan selalu menjaga nama baik Pesantren dimana pun berada dan dalam profesi apapun serta berideologi Ahlussunnah Waljama’ah.
  4. Kami Alumni Pondok Pesantren Ngalah, akan selalu mengamalkan ilmu yang kami dapat untuk turut serta mencerdaskan bangsa.
  5. Kami Alumni Pondok Pesantren Ngalah, berjiwa Rohmatan Lil Alamin dalam kehidupan beragama,  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kontan aja setelah ikrar dibacakan romo Kyai dalam tausiyahnya berkali-kali mengungkapkan perasaan bangga dan lega punya alumni yang berkarakter dan punya komitmen kebngsaan yang tinggi. Lebih lanjut Romo Kyai menegaskan bahwa yang terdapat di dalam isi Ikrar itulah merupakan visi dan misi perjuangan Pondok Pesantren Ngalah. Yaitu misi perdamiaan dan kerukunan tanpa melihat latar belakang agama etnis, budaya, suku, dan lain sebagainya, yang kemudian disebut ukhuwah Basyariyah. Disamping itu juga beliau sering berpesan kepada para santrinya “Dadi uwong iku gudu isok gombul wong“.

Romo Kyai Sedang Menyampaikan Tausyiyah

Dalam tausyiahnya, Romo Kyai juga sempat berpesan kepada para alumni agar sebisa mungkin menghindari pertengkaran dalam rumah tangga, khususnya hubungan antara suami dan istri. “sopo wonge tukaran sak bojo sedino ae, mongko rizekine mundur 40 dino, lah lek 2 dino yo 80 dino, lah lek 3 dino itungen dewe….” (barang siapa pasangan suami istri yang bertengkar 1 hari saja, maka rizekinya akan mundur 40 hari, lah kalau 2 hari 80 hari, lah kalau 3 hari hitung sendiri…), seruh Romo Kyai yang disambut gelak tawa para hadirin.

Acara temu alumni ini juga memberi arti yang sangat luar biasa bagi para alumni bayangkan dengan berkali-kali disampaikan oleh romo kiyai “ bahwa hari ini antara saya, ibu nyai memafkan seluruh kesalahan alumni baik yang disengaja maupun yang tidak “

Sebelum menutup tausiyahnya, sebagai ciri khas Romo Kyai mendoakan alumni yang hadir dengan beberapa panjatan do’a, seperti mendo’akan kelancaran rizeki, jodoh bagi yang belum rumah tangga, dan tentunya keselamatan bangsa dan Negara Indonesia.

Tepat pukul 13,30 WIB acara yang bersejarah selesai yang diiringi asa yang sangat kuat, baik bagi para alumni sendiri maupun bagi para santri Pondok Ngalah.

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us