Tamu Dari Negeri Kangguru

Ngalah - Selasa, 15 April 2014 histeria suka cita menyambut kedatangan 11 orang tamu dari Australia terlihat di salah satu sudut Pesantren. Mereka berasal dari sekolah khusus putra di Australia. Mereka sampai di Pesantren Ngalah tepat pukul 16.30 WIB dan langsung berbaur dengan para santri. Mereka bercakap-cakap menggunakan bahasa Indonesia. “tujuan kami kemari untuk mengajak para murid kami belajar bahasa Indonesia dengan mempraktikkannya secara langsung”, ujar salah seorang guru dari rombongan mereka.

Rombongan tamu dari Australia tersebut berjumlah 11 orang, terdiri dari 9 orang siswa dan 2 orang guru. Mereka bermalam 1 hari, rencananya mereka akan berada di Indonesia selama 17 hari untuk mengadakan study tour.

Mereka memilih Pondok Pesantren Ngalah sebagai tempat kunjungan, karena disamping untuk mengenalkan kepada salah satu agama mayoritas masyarakat di Indonesia, juga karena Pesantren Ngalah bukan Pesantren yang menganut agama Islam yang beraliran keras melainkan Pesantren yang bersifat nusantara.

Pemberian cindera mata dari rombongan kepada pihak pesantren

Keesokan harinya, tepat pukul 10.00 WIB, digelarlah acara jabat pisah antara tamu dengan para santri yang ditempatkan di serambi masjid asrama B. Dalam kesempatan itu, Kepala Pesantren Putri memberikan cindera mata berupa CD buku galak gampil jilid 5.

Suasana jabat pisah terasa sangat menyenangkan sekaligus mengharukan, dibuka dengan perkenalan satu persatu dari nama-nama mereka, dilanjutkan dengan penampilan salah satu rombongan siswa, yaitu Nicolas. Pada acara tersebut Nicolas memainkan alat musik tradisional Scotlandia, kemudian dilanjutkan dengan salah satu kisah dari siswa Thailand yang belajar di Australia. Kisah tersebut menceritakan tentang kehidupannya di asrama siswa. “kegiatan kami dimulai dengan makan pagi pada pukul 6-7 pagi, setelah itu kami bersekolah mulai pukul 7-3 sore, setelah itu kami berolahraga dan makan malam sampai pukul 7 malam. Olah raga yang biasanya kami lakukan adalah sepak bola, tenis meja dan bulu tangkis. Selanjutnya kami mengerjakan PR bersama sampai pukul 9 malam, dan kegiatan kami berakhir sampai pukul 10 malam”.

Setelah dirasa cukup, ibu Katty selaku guru dari mereka memperkenankan para santri untuk bertanya sebelum mereka beranjak dan melanjutkan study tour.

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us