Workshop Rukyatul Hilal di Pesantren Ngalah

Ngalah - Hari Sabtu, 4 April 2015, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat menginformasikan akan terjadi Peristiwa gerhana bulan yang diperkirakan Gerhana totalnya terjadi pukul 18.54 WIB, kemudian puncaknya pukul 19.00 WIB dan gerhana total berakhir pukul 19.06 WIB. Peristiwa ini dimanfaatkan oleh Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) wilayah Jawa Timur untuk mengadakan acara kegiatan yang berupa observasi atau pengamatan langsung terhadap peristiwa gerhana bulan ini. Maka dari itu, LFNU Jawa Timur memprakarsai kegiatan observasi ini dan diakomodir langsung oleh Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama. Seperti yang tertera dalam undangan, LFNU Jawa Timur mengadakan Kaderisasi Ulama Hisab dan Rukyat Angkatan XVII.

Namun tak hanya sampai di situ, kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung Purwosari Pasuruan tidak sekedar observasi saja, melainkan para peserta juga mengikuti pelatihan tentang hisab gerhana bulan dan matahari berdasarkan kitab Ad-Durrul Aniq dan dipilih karena dimilai memiliki akurasi ketepatan yang tinggi.

Pelatihan yang dipusatkan di Aula Universitas Yudharta Pasuruan ini dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti dari pelbagai macam kalangan seperti PCNU se-Jatim, MWCNU se-Pasuruan, Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat dan Pelajar dari Perguruan Tinggi Agama.

Bashori Alwi mengatakan, "kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kalangan mahasiswa pada khususnya karena bisa menyandingkan teori  dalam mata kuliah ilmu falaq mereka dan praktik yang didapat pada kegiatan tersebut.” “tujuan lain untuk membentuk kader baru yang nantinya siap untuk diterjunkan dalam hal rukyah dan hilal” tambahnya.

Ket.: berita di atas disarikan dari sumber dengan tautan asli (http://fasya.iainuruljadid.ac.id/371/371)

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us