Peringatan Milad Ke-30 Pesantren Ngalah

Ngalah - Ahad, 14 Dzulhijjah 1436 Hijriyah atau bertepatan dengan 27 September 2015, merupakan hari bahagia bagi seluruh santri Pondok Pesantren Ngalah. Karena pada hari tersebut, Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung memperingati hari lahir (milad) yang ke 30 tahun.

Acara peringatan milad tersebut diawali dengan tadris al-Qur’an mulai pagi sampai dengan sore hari di masing-masing asrama. Tepat setelah jama’ah sholat Isya’, ribuan santri putra maupun santri putri berduyun-duyun untuk menghadiri acara peringatan Milad di halaman Pesantren.

Foto sebagian Santriwan-Santriwati yang hadir

Gema sholawat al-Banjari berkumandang sebagai penanda dimulainya acara milad, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan lantunan ayat suci al-Qur’an oleh santri putra. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh M. Abd. Ghofur, S.PdI selaku Kepala Pondok Pesantren Ngalah, disusul sambutan atas nama wakil alumni yang diwakili oleh M. Dayat, MM.

Dalam sambutannya, Kepala Pondok mengajak seluruh santri untuk meneladani sikap dan haliyah dari Romo Kyai. Sementara M. Dayat, MM dalam sambutannya berpesan kepada seluruh santri untuk semangat dalam menimba ilmu, sehingga kelak ketika sudah terjun di masyarakat santri sudah terbekali ilmu yang mereka dapat ketika di pesantren.

Pemotongan tumpeng oleh Romo Kyai Sholeh Bahruddin

Setelah acara pembacaan tahlil bersama, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol peringatan milad pesantren. Kemudian, acara langsung dilanjutkan dengan napak tilas Pondok Pesantren Ngalah yang disampaikan langsung oleh pendiri sekaligus pengasuh Pondok, yaitu Romo KH. Sholeh Bahruddin.

Dalam napak tilas tersebut, Romo Kyai secara rinci menceritakan sejarah awal mula berdirinya Pondok Pesantren Ngalah, mulai dari pemakaian nama “Ngalah” sebagai nama Pondok Pesantren, lika-liku perjalanan hidup sang Romo Kyai ketika “babat” Pondok Pesantren dan perjalanan pengembangan lembaga di Yayasan Darut Taqwa.

Romo Kyai ketika memberi tausyiah

Dalam tausyiahnya, beliau tidak lupa berpesan kepada seluruh santri untuk menjadi orang yang berguna bagi seluruh lapisan masyarakat dengan tanpa membedakan agama, ras, suku maupun golongan.

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us