Pondok Pesantren Ngalah Kedatangan Sutradara Film Italia

Ngalah - Hari Sabtu tanggal 09 April 2016, Pondok Pesantren Ngalah Sengonagung kedatangan rombongan tamu dari negeri Pisa, Italia. Dari rombongan tersebut, terdapat nama Italo Spinelli.

Civitas "Ngalah" maupun publik Indonesia mungkin belum begitu familiar dengan nama Italo Spinelli, sineas dari negeri menara Pisa. Sejauh pengetahuan saya, dia adalah sutradara film kelas festival. Namun, dia pernah memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik sekaligus film yang dibesutnya, Gangor.

Ket. Foto: Pengasuh PP Ngalah/KH. M. Sholeh Bahruddin (baju putih, songkok hitam) dan Italo Spinelli (kaca mata di dada)

Film tersebut dinobatkan sebagai film terbaik di Festival Film Internasional di Roma, 2010 silam. Selain itu, Italo melahirkan puluhan film dokumenter keren. Termasuk dua film dokumenter tentang Islam di Afrika Utara dan Iran. Dia tergolong sutradara yang kental dengan kritik-kritik sosial.

 

Sebagai contoh, di film Grango, dia membuat film dengan sinematografi menyayat yang membahas kekerasan terhadap perempuan di India. Italo tak segan-segan untuk memvisualkan hal-hal yang ditemuinya, termasuk polisi-polisi yang justru melecehkan perempuan yang melaporkan menjadi korban.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, kedatangan Italo ke Pondok Pesantren Ngalah merupakan agenda hunting refrensi sebagai bekal dirinya dalam rencana pembuatan film dokumenter tentang Islam Nusantara. 

I was happy hear. I saw the young moslem did his activity and I realized that they respect each other,” salah satu komentar Italo tentang santri.

Menurut Italo, Islam sekarang menjadi isu besar di Eropa dan bahkan dunia. Dia mengakui, Islamphobia memang berkembang di negara-negara barat. Namun, dia memahami bahwa terorisme dan perbuatan barbar bukanlah representasi dari Islam yang sesungguhnya. Inilah yang kemudian mendorongnya untuk melakukan riset film terbarunya, Islam Nusantara (Indonesia)!!

Ket.: Berita tersebut diambil dari tulisan Arif Hidayatulloh dengan tautan asli laman postingan facebooknya.

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us