Syarat Santri, Guru dan Kyai

Dalam sebuah pondok pesantren, tentunya ada beberapa tingkatan personal yang bermuara pada kemampuan, yaitu Santri, Guru dan Kyai. Dari 3 elemen tersebut tentunya ada beberapa syarat yang harus dimilki. Dengan beberapa syarat, seorang santri, guru ataupun kyai akan memiliki nilai tersendiri, atau cita-cita sebagai person dalam elemen tersebut akan berhasil jika menetapi syarat-syarat. Adapun syarat-syarat yang dimaksud adalah sebagaimana berikut:

Santri

Istiqomah, maksudnya adalah segala apa yang ada di pondok baik itu peraturan atau yang lain, harus ditaati dan dipatuhi jangan sampai dilanggar kalau memang peraturan itu baik. Contohnya: waktu mengaji ya ngaji, waktu sekolah ya sekolah, waktunya jama'ah ya jama'ah.

 

Guru

  1. Istiqomah, maksudnya adalah guru harus bisa menempatkan dirinya tidak boleh seenaknya saja dan harus mentaati peraturan yang ada. Contohnya: waktunya ngajar ya ngajar, waktunya pulang ya pulang.
  2. Uswatun Hasanah, maksudnya adalah seorang guru harus memberikan suri tauladan yang baik, apabila keteladanan tersebut bisa membawa dirinya dan muridnya maka termasuk predikat guru yang baik, karena dapat memberikan keteladanan yang baik terhadap murid-muridnya. Contohnya: kalau yang bicara harus menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan ramah tamah

Kyai

  1. Istiqomah, maksudnya adalah sang kyai tidak boleh sering kosong dalam memberikan materi dan sesuai dengan apa yang telah ditentukan. Contohnya: waktunya ngaji ya ngaji, waktunya jama'ah ya jama'ah.
  2. Uswatun Hasanah, maksudnya adalah keteladanan yang bagus yang dipelopori oleh romo kyai dalam tindakan sehari-hari sebagai contoh terhadap santri. Contohnya: sikap rohmatal lil alamin, sopan santun dan ramah tamah terhadap sesama dan bisa ngayomi dan ngayemi lain agama.
  3. Ikhlas, maksudnya adalah mereka berani berkorban atas segala harta yang dimilikinya demi anak didiknya dalam mencapai cita-citanya. Contohnya: membuat gedung-gedung untuk sekolah tidak mau dibayar dalam kerjanya.

Tentang Kami

Pondok Pesantren Ngalah.
Jl. Pesantren Ngalah No. 16 Pandean Sengonagung Purwosari Pasuruan
Jawa Timur Kode Pos 67162

Telp./Fax. (0343) 0343 611250; E-Mail:

Connet With Us